Baterai yang tahan lama adalah kunci untuk pengalaman pengguna ponsel yang lebih baik. Saat ini, banyak orang bergantung pada ponsel mereka untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Namun, baterai yang cepat terkuras dapat menjadi masalah yang mengganggu.

Battery health pastinya akan tetap menurun, karena pemakaian handphone setiap harinya. Cara yang akan aku bagikan hanya untuk meminimalisir baterai agar tidak cepat dropnya. Yaa kan sayang tuh kita beli mahal-mahal kalau pemakaiannya gradakan jadinya harus ngeluarin uang lagi.

  1. Matikan Notifikasi Aplikasi yang Tidak PentingAku biasanya nyalain apk yang hampir tiap hari dibuka. Ex : Instagram, Whattsap (selalu yaaaa, karena buat kerja juga), Gmail, Google, Pesan. Intinya yang berhubungan dengan kerjaan aku pasti nyalain.
  2. Kurangi Penggunaan Widget
  3. Aku cuma pake widget satu doang. Whatsapp doang. Karena kadang ga pengen diganggu jadi liat pesan dari situ aja. Kalo ga urgent ya dibales dalam hati doang. hehe :)
    Semakin banyak widget yang aktif konsumsi baterai juga akan semakin banyak
  4. Jangan charge sampai 100%
    Meskipun banyak ponsel modern dilengkapi dengan mekanisme penghentian pengisian otomatis, pengisian berlebihan (overcharging) dapat memberikan tekanan pada baterai dan mempercepat degradasi sel baterai. Makanya untuk memastikan umur baterai optimal, disarankan untuk mencabut charger setelah baterai mencapai penuh.
  5. Jangan terlalu sering menggunakan HP saat di charge
    sekali dua kali boleh lah, kalau hanya untuk balesin chat penting. Asalkan jangan main game atau dipake nonton. Panas berlebihan dapat mempengaruhi suhu baterai dan berpotensi mempercepat proses degradasi.
  6. Jangan sering pake power bank
    Kadang-kadang, power bank bisa bikin HP panas. Nah, kalo panasnya berlebihan, gak bagus buat baterai HP. Jadi, tetep pilih-pilih PB yang sesuai untuk HP kita ya
  7. Pilih Charger Original
    Charger original udah di-design sama produsen HP buat cocok banget sama HP-nya. Jadi, lebih aman dan nggak bakal merusak baterai. Selain itu, Charger original udah dirancang biar nggak overcharging. Jadi, kalo baterai udah penuh, charger bakal berhenti otomatis.
  8. Jangan pakai "mode hemat baterai" saat baterai masih di atas 50%.
    Dulu aku sering banget nyalain hemat baterai di saat baterai masih 100%. Padahal itu gak ada pengaruhnya. Jadi, yang bener kita bisa nyalain mode hemat baterai kalo udah low aja. Aku biasa nyalain kalo baterai udah 30%.
  9. Jangan charge HP saat baterai 50%.
    Kalo kita nge-charge pas HP udah bener-bener 0%, HP-nya bisa kesulitan bangun lagi. Makanya, lebih baik nge-charge pas baterainya masih sisa dikit, misalnya 20-30%. Kalo sering banget nge-charge pas HP udah 0%, baterainya bisa jadi kurang sehat

Semoga tips di atas membantu ya :)