Perilaku berlari tikus dan berjalan santai kucing berkaitan dengan perbedaan adaptasi dan evolusi dari kedua spesies tersebut. Tikus, sebagai hewan pengerat kecil, cenderung berlari cepat karena itu adalah strategi bertahan hidup yang efektif. Mereka memiliki banyak predator dan mereka juga mencari makanan dengan cepat, jadi berlari adalah cara terbaik untuk menghindari bahaya dan mendapatkan makanan dengan cepat.

Di sisi lain, kucing sebagai predator yang lebih besar dan lebih kuat, memiliki rahang yang kuat dan kaki yang gesit untuk mengejar mangsanya dengan kecepatan dan kecerdikan. Karena mereka berada di puncak rantai makanan, kucing merasa lebih aman dan cenderung berjalan dengan santai untuk menghemat energi, karena mereka percaya mereka memiliki keunggulan untuk mengejar dan menangkap mangsa mereka tanpa perlu terburu-buru.

Tapi, engapa kucing sekarang ini justru takut terhadap tikus?

Kucing mungkin takut terhadap tikus karena mereka mungkin tidak terbiasa berurusan dengan mereka. Apalagi kucing rumahan. Mereka sudah terbiasa diberi makan oleh majikan tidak perlu repot-repot mencari makan sendiri. Kadang-kadang, tikus juga bisa menakuti kucing karena ukuran mereka yang kecil dan gerakan cepat, meskipun sebenarnya kucing adalah pemangsa alami tikus. Jadi, kucing mungkin takut karena hal-hal yang baru dan tidak biasa baginya.

Sama seperti kita, manusia. Saat sedang fokus dengan kegiatan kita, entah membaca buku, mengerjakan tugas di depan laptop, kemudian tiba-tiba ada tikus berlari mendekati kaki kita. Kita juga pasti terkaget-kaget melihat tikus itu berlari. Jadi ada beberapa hal yang menyebabkan kucing berlari saat melihat tikus. 

Image : https://pin.it/3vI4dcf