AC Milan tersingkir dari perempatfinal Coppa Italia setelah mengalami kekalahan 1-2 dari Atalanta. Pertandingan ini berlangsung pada Kamis (11/1) dini hari WIB. Meskipun Milan berhasil unggul duluan lewat gol Rafael Leao di menit ke-45, Atalanta mampu membalikkan keadaan dengan dua gol dari Teun Koopmeiners pada menit ke-45+2 dan menit ke-59 melalui penalti.

Jalannya Permainan

Jalannya pertandingan dimulai dengan AC Milan mengambil kendali, namun Atalanta mampu bertahan dengan rapat. Peluang pertama Milan datang di menit ke-20 melalui sepakan Musah, namun bisa ditepis oleh kiper Atalanta, Carnesecchi.

Atalanta mengandalkan serangan balik, dan peluang pertama dari mereka datang dari bek sayap, Holm, dengan tendangan voli. Meskipun demikian, bola masih melebar tinggi.

Pertandingan tidak hanya menarik di lapangan, namun juga di luar lapangan. Atalanta meminta penalti di menit ke-36 setelah benturan antara Roon dan Gabbia di kotak penalti. Meskipun dilakukan pengecekan VAR, wasit memutuskan tidak memberikan penalti kepada Atalanta. Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini, mendapat kartu kuning kedua dan akhirnya dikartu merah karena protes berlebihan.

Gol pertama pertandingan tercipta di menit ke-45 ketika Rafael Leao mencetak gol untuk AC Milan. Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama, karena dua menit kemudian, Koopmeiners berhasil menyamakan kedudukan untuk Atalanta.

Di babak kedua, Atalanta tampil lebih dominan. Mereka mendapatkan hadiah penalti setelah Miranchuk dijatuhkan oleh Jimenez di dalam kotak penalti. Koopmeiners maju sebagai eksekutor dan berhasil menjebol gawang Milan untuk yang kedua kalinya, membuat Atalanta unggul 2-1.

Meskipun Milan berusaha membalas, mereka kesulitan membongkar pertahanan Atalanta. Beberapa peluang diciptakan oleh Atalanta melalui serangan balik, dan Milan gagal mengejar ketertinggalan. Dengan skor akhir 1-2, AC Milan tersingkir dari Coppa Italia oleh Atalanta.

Dua tim sebelumnya sudah bertemu dua kali musim ini, dan Atalanta berhasil memenangkan kedua pertemuan tersebut. Pertama, pada pekan ke-15 Serie A, Milan kalah 2-3 di markas Atalanta. Kedua, dalam perempatfinal Coppa Italia, Milan kembali menelan kekalahan 1-2.

Meskipun sebelumnya AC Milan tampil impresif dengan tidak terkalahkan dalam enam laga sebelumnya, tren positif itu terhenti setelah kembali berhadapan dengan Atalanta.

Setelah tersingkir dari Coppa Italia, AC Milan akan kembali fokus pada kompetisi Serie A. Pekan ke-20 Serie A menampilkan laga AC Milan vs AS Roma pada Senin (15/1) pukul 02:45 WIB. Dalam laga ini, AC Milan akan berusaha kembali ke jalur kemenangan untuk menjaga posisi mereka di papan atas klasemen Serie A.

Susunan Pemain

AC Milan: Maignan, Calabria (Simic 61'), Gabbia (Kjaer 39'), Theo, Jimenez (Terracciano 62'), Musah, Reijnders (Adli 73'), Loftus-Cheek (Giroud 73'), Pulisic, Jovic, Leao.

Atalanta: Carnesecchi, Scalvini, Djimsiti, Kolasinac, Holm, De Roon (Pasalic 42'), Ederson, Ruggeri (Zappacosta 78'), Koopmeiners, Miranchuk, De Ketelaere (Scamacca 78').

Jadwal Serie A 2023/2024 Pekan 20

Sabtu, 13 Januari 2024
21:00 WIB Genoa vs Torino
21:00 WIB Napoli vs Salernitana

Minggu, 14 Januari 2024
00:00 WIB Hellas Verona vs Empoli
02:45 WIB Monza vs Inter Milan
18:30 WIB Lazio vs Lecce
21:00 WIB Cagliari vs Bologna

Senin, 15 Januari 2024
00:00 WIB Fiorentina vs Udinese
02:45 WIB AC Milan vs AS Roma

Selasa, 16 Januari 2024
02:45 WIB Atalanta vs Frosinone

Rabu, 17 Januari 2024
02:45 WIB Juventus vs Sassuolo